Penyebab Pemadaman Listrik Beberapa Wilayah Sumatra



Pekanbaru, 4 Juni 2024 - Aliran listrik di beberapa wilayah Sumatera terputus akibat gangguan transmisi pada sistem SUTT 275 kV Linggau-Lahat. Pemadaman listrik ini menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat di berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.



Manajer Komunikasi & TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Iwan Arissetyadhi menjelaskan bahwa transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera. Gangguan pada sistem ini menyebabkan dampak yang luas di berbagai daerah.



"Sistem transmisi ini terhubung dengan beberapa wilayah di Sumatera. Maka, ketika terjadi gangguan, dampaknya ke banyak daerah," jelas Iwan.



Pemadaman listrik terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Lampung. Sementara untuk wilayah Sumatera Barat dan Riau, hingga saat ini PLN belum menerima laporan mengenai gangguan listrik.



Iwan mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan upaya penormalan di gardu induk setiap wilayah. Sebagian daerah telah kembali normal dan diharapkan seluruhnya dapat kembali menyala dalam waktu dekat.



"Sebagian sudah menyala, kita mengupayakan penormalan sesegera mungkin karena personel di unit gardu induk sudah diturunkan. Insyaallah dalam waktu dekat semua bisa normal," kata Iwan Arissetyadhi selaku manajer komunikasi unit induk distribusi Sumatera Selatan..



PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat pemadaman listrik ini. Masyarakat dapat melaporkan gangguan listrik melalui Call Center PLN 123 atau aplikasi PLN Mobile.


Sumber : detik

Load comments

0 Comments