Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Provinsi Riau Telah di Gelar, UMRI Tuan Rumah Instalasi Kelistrikan dan Elektronika.




Pekanbaru, 20 Mei 2024 - Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Riau tahun 2024 telah resmi dibuka di Riau Garden. Acara pembukaan yang berlangsung pada hari Rabu, 5 Juni 2024 ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Pendidikan Provinsi Riau, perwakilan sekolah, dan para peserta lomba.


Enam bidang lomba akan dipertandingkan dalam LKS tahun ini, yaitu Elektronika dan Listrik, Web dan Jaringan, Otomotif, Kuliner, dan Desain Grafis. Untuk bidang Elektronika dan Listrik, perlombaan akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Berikut adalah daftar sekolah yang ikut serta dalam bidang instalasi listrik:


SMKN 2 Dumai

SMKN 1 Dumai

SMK Pembangunan Rohil

SMKN 1 Pangkalan Kerinci

SMKN 2 Tembilahan

SMKN 1 Bangkinang

SMKN 1 Teluk Kuantan

SMKN 5 Pekanbaru

Menurut keterangan dari panitia, bidang Listrik dari SMK Bangkinang akan mewakili Riau di tingkat Nasional. Para juri dalam perlombaan ini berasal dari UIN UNILAK dan STTP, dengan total enam orang.




Fauzan, selaku Dosen dari Universitas Muhammadiyah Riau, menyambut baik penyelenggaraan LKS tahun ini. "LKS ini bagus, bagus untuk meningkatkan kompetensi siswa, meningkatkan mental ikut lomba siswa, dan harapannya bisa diikuti oleh seluruh sekolah," ujarnya. Ia juga menyayangkan masih ada beberapa kabupaten kota yang tidak mengirimkan perwakilannya di beberapa bidang lomba. "Kalau sekarang ada 6 sekolah elektronika, ada 6 kabupaten kota yang tidak mengirim, kalau listrik 8 sekolah dan 4 tidak mengirim," tuturnya.


Diharapkan dengan adanya LKS ini, dapat meningkatkan kompetensi siswa-siswi di bidang vokasi dan mereka dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Load comments

0 Comments