KENDALI FAN MENGGUNAKAN BLUETOOTH ARDUINO UNO

 Hai Sahabat Elektro!



Kami dari PVTE Corner akan membagikan pengalaman kami dalam merakit Project 

KENDALI FAN MENGGUNAKAN BLUETOOTH ARDUINO UNO

A.    Arduino Arduino adalah sebuah platform komputasi fisik open source berbasiskan Rangkaian input/output sederhana (I/O) dan lingkungan pengembangan yang mengimplementasikan bahasa Processing.

B.    Fan DC 12 V Fan adalah mengatur volume panas udara agar ruangan yang tidak mengalami suhu panas dan dapat bersirkulasi udara secara normal. Pada umumnya kipas angin dimanfaatkan untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), atau pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Terdapat dua jenis kipas angin berdasarkan arah angin yang dihasilkan, yaitu kipas angin centrifugal (angin mengalir searah dengan poros kipas) dan kipas angin axial (angin mengalir secara paralel dengan poros kipas) [3]

C.     DHT 11 Sensor suhu dan kelembaban dht11, Sensor yang digunakan untuk mendeteksi suhu sekaligus mengukur perubahan kelembapan dalam suatu tempat adalah sensor dht11[4].

D.     Sensor DHT 11  LCD Liquid Crystal Display (LCD) adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi untuk menampilkan output sebuah sistem dengan cara membentuk suatu citra atau gambaran pada sebuah layar. Secara garis besar komponen penyusun lcd terdiri dari kristal cair (liquid crystal) yang diapit oleh 2 buah elektroda transparan dan 2 buah filter polarisasi (polarizing filter) [5]. 

E.      E. Relay 4 CH Relay itu adalah saklar untuk menghidupkan atau mematikan sebuah perangkat elektronika dengan memanfaatkan masukan dari output sebuah komponen elektronika lainnya. Relay arduino mempunyai 3 buah input yang masing masing berfungsi sebagai kontrol untuk menghidupkan relay. Pin tersebut adalah pin GND, VCC, dan IN. GND untuk ground atau tegangan 0 volt (-), VCC Untuk tegangan positif +5v , Sedangkan IN untuk masukan dari sensor yang lainnya yang berfungsi untuk menggerakkan sebuah sensor relay [6].

F.      I2C LCD Inter Integrated Circuit atau sering disebut I2C adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk mengirim maupun menerima data. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem I2C Bus dapat dioperasikan sebagai master dan slave. Master adalah piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan membentuk sinyal start, mengakhiri transfer data dengan membentuk sinyal stop, dan membangkitkan sinyal clock. Slave adalah piranti yang dialamati master I2C LCD mempunyai 16 pin output yang bisa dihubungkan dengan pin lcd secara langsung (disolder permanen) dan memiliki 4 pin input (VCC, GND, SDA, SCL). Untuk menghemat penggunaan pin pada LCD digunakan I2C, apabila tidak menggunakan I2C maka harus menggunakan 5 pin digital [7]

G.    . Adaptor 12 V Power supply atau catu daya adalah salah satu hardware di dalam perangkat computer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supplay ini bisa ditemukan pada chasing komputer dan berbentuk persegi. Pada dasarnya power supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik. Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen - komponen tersebut. Sesuai dengan pengertian power supply pada komputer, maka fungsi utamanya adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang kemudian diubah menjadi daya atau energi yang dibutuhkan komponen - komponen pada komputer seperti motherboard, CD Room, hardisk, dan komponen lainnya. Berdasarkan rancangannya, power supply dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu: a. Power supply/ catu daya internal. b. Yaitu power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contohnya; amplifier, televisi, dvd Player, power supply-nya menyatu dengan motherboard di dalam chasing perangkat tersebut. c. Power Supply/ catu daya eksternal yaitu power supply yang dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contohnya charger laptop dan charger smartphone [8].

H.     Bluetooth HC-05 Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara realtime antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas sekitar 10 meter [9]

I.       Flow Chart Sistem Flowchart merupakan diagram dengan simbol – simbol yang digunakan untuk menjelaskan proses atau langkah – langkah dalam penelitian. Beberapa proses tersebut digabungkan dengan menggunakan tanda panah sesuai urutannya. Diagram ini juga berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam proses – proses penelitian dan dht 11 yang akan direalisasikan.

  

VIDEO TUTORIAL DAPAT DILIHAT DISINI

Load comments

0 Comments