Minggu, 13 Februari 2022

kerusakan pada HP Android yang mengalami bootloop

 

Artikel kerusakan pada HP Android yang mengalami bootloop



Bagi pengguna HP Android, pasti sudah tidak asing dengan istilah bootloop. Pasalnya, bootloop merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada HP Android. Umumnya, bootloop dikenal suatu proses booting yang terjadi berulang kali. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Bootloop?

Permasalahan perangkat lunak atau software di Android ini biasanya juga ditandai dengan perangkat akan kembali mengulang proses booting dengan memunculkan logo Android atau pengembang sebelum perangkat tersebut berhasil masuk ke dalam sistem. Atau sederhananya, kamu hanya akan menjumpai perangkat yang menampilkan logo Android atau pengembang secara berulang-ulang tanpa diikuti dengan munculnya sistem utama dari perangkat tersebut. Lalu apa sebenarnya pengertian lebih mendalam terkait bootloop ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang telah dijelaskan, bootloop merupakan masalah yang kerap terjadi pada perangkat lunak Android. Biasanya ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem. Adapun ciri khasnya ditandai dengan perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Jika perangkat Android sering mengalami bootloop, kamu tak perlu panik apalagi menangis. Apalagi buru-buru pergi ke tempat servis HP dan membayar ratusan ribu, karena kamu sebenarnya bisa mengatasi bootloop seorang diri. Sebagai informasi, bootloop terbagi menjadi dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya.

Pertama adalah light bootloop atau bootloop ringan. Biasanya bootloop ringa ini sifatnya hanya sementara. Kedua, hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walaupun sudah dicoba berulang kali.

Ada empat penyebab HP bootloop yang perlu diketahui. Seperti yang telah dijelaskan, bootloop merupakan kondisi saat ponsel tidak bisa masuk ke dalam sistem serta selanjutnya berhenti berproses. Bootloop diambil dari kata Bahasa Inggris ‘boot’ dan ‘loop’. Boot yang artinya suatu kondisi di mana ponsel bersiap untuk menyala secara sempurna.

Sementara itu, kata loop memiliki arti berulang. Penyebab HP bootloop sebenarnya ada berbagai faktor. Tetapi pada dasarnya hal ini disebabkan oleh penggunaan dan perawatan HP yang kurang benar dan baik. HP akan mengalami bootloop sebenarnya wajar, akan tetapi jika terus-menerus terjadi justru mampu menjadi si perusak HP-mu.

Potensi terjadinya bootloop sangat mungkin terjadi pada HP, baik dengan sistem operasional Android maupun iOS. Sebenarnya untuk mengatasi HP bootloop kamu tidak perlu sampai pergi ke service center dari merek hp yang digunakan. Kamu bisa melakukan perbaikan terhadap bootloop ini sendiri, atau dengan kata lain bootloop ini bukan merupakan kerusakan yang fatal. Dengan catatan, bootloop HP yang kamu alami tak begitu parah. Tapi sebelum jauh mengetahui cara mengatasi HP bootloop, berikut akan dijelaskan terkait beberapa penyebab HP hingga bisa mengalami bootloop ringan hingga parah. Simak ulasan informasinya berikut ini.

1. Flashing Custom ROM

Sebagai informasi, Custom Rom adalah rom atau firmware berbasis sistim operasi android yang telah dimodifikasi dan diubah oleh developer dengan tujuan untuk memberikan performa yang jauh lebih baik dari rom atau firmware bawaan pabrik. Mengunduh custom rom di HP androidmu akan memberikan beberapa manfaat. Manfaat tersebut dapat kamu rasakan setelah kamu menggunakan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Namun, kamu perlu mengetahui bahwa salah satu penyebab bootlop pada ponsel yang pertama biasanya disebabkan karena melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini kerap disebabkan karena ada dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus sehingga digunakan oleh sistem yang baru. Paket custom ROM yang rusak juga dapat menyebabkan bootloop setelah kamu mengunduhnya.

2. Instal Mod

Aplikasi MOD merupakan aplikasi yang telah dimodifikasi dan selanjutnya sudah diubah. Namun, masih mempunyai tampilan yang tetap sama dengan aplikasi aslinya dan ketika seseorang menggunakan aplikasi Mod dan mengunduh aplikasi Mod pada HP Android, ditakutkan membahayakan perangkat Android-mu. Terutama bagi yang suka berbelanja online ataupun mempunyai aplikasi rekening bank, karena banyak dari aplikasi Mod yang menyelipkan fitur untuk mengintai kegiatan pengguna dan bisa saja privasi pengguna bocor serta diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengunduh aplikasi MOD ternyata juga menjadi penyebab bootloop yang selanjutnya. Hal ini dapat terjadi apabila kamu melakukan pemasangan MOD pada sistem operasional Android. Biasanya ponsel menjadi bootloop akibat MOD yang dipasang ternyata tidak kompatibel atau tidak sesuai dengan kondisi dari ROM yang digunakan pada ponsel.

Pada sisi lain, MOD yang tidak tersusun dengan baik ternyata juga dapat menjadi penyebab utama dari bootloop. Itu sebabnya, perlu hati-hati dan pastikan spesifikasi ponselmu sesuai untuk dipasang sebuah MOD atau aplikasi baru.

3. Restore System Backup

Penyebab bootlop berikutnya yaitu bisa jadi dikarenakan oleh terjadinya pemulihan system backup. Hal ini biasanya disebabkan adanya dalvik-cache yang lama dan ternyata belum terhapus secara sempurna, sehingga menyebabkan penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data sistem yang baru.

4. Pengaturan Permission Salah

Penyebab bootlop terakhir disebabkan oleh kesalahan mengatur permission. Jika kamu pengguna Android, maka perlu mewaspadai terjadinya hal ini. Sebab, sistem operasional pada ponsel Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar.

Dan apabila kamu salah dalam mengatur permission pada sebuah file sistem, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab ponsel bootloop. Jadi, akan lebih baik dan bijak jika selalu mengecek dan memastikan jika permission dari sebuah file sistem sudah sesuai dan benar, tentunya agar tidak terjadi bootloop dan yang justru merugikan penggunanya.

Selain beberapa hal di atas, penyebab bootlop lainnya bisa terjadi ketika kamu menginginkan performa HP cepat. Biasanya akan menaikkan kapasitas dari prosesornya dengan cara overclock. Memang tidak bisa dipungkiri jika cepat atau lambatnya suatu sistem operasional pada HP terutama yang berbasis Android, sebab dipengaruhi oleh kapasitas dari prosesornya.

Pada umumnya, cara mempercepat performa ini bisa saja dilakukan, namun jangan terlalu memaksakan. Dalam artian, apabila ingin melakukan overclock pada Android , misalkan dari 1 GHz menjadi 2 GHz, maka kamu bisa melakukan setengahnya saja atau bahkan lebih aman lagi jika hanya seperempatnya, dan jangan juga untuk terlalu memaksakan HP-mu.

Meski cara overclock ini banyak yang melakukannya, akan tetapi sangat disarankan untuk tidak melakukannya sama sekali. Dikarenakan HP tersebut yang sudah dikeluarkan pabrikan, telah melalui berbagai pengujian dan juga penelitian agar dapat bekerja secara optimal dan juga memberi dampak umur yang awet terhadap HP-mu.

Atau bagi kamu pecinta game, tentunya sudah tidak asing lagi dengan mengubah isi script di dalam folder sistem. Memang hal ini biasa dianggap sepele dan tidak akan memberikan dampak yang besar pada sistem Android. Padahal, mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dimana tujuannya agar bisa segera menikmati game yang diinginkan bisa menyebabkan bootloop pada HP-mu.

Jadi, sebaiknya kamu tidak melakukan beberapa hal yang memang berpotensi menjadi penyebab HP bootloop di atas, karena bisa saja hal tersebut justru berakibat fatal kepada HP-mu. Dan, kemungkinan terburuknya adalah kamu sampai harus merelakan berbagai kenangan baik foto dan lain sebagainya yang biasanya akan hilang akibat harus di lakukan pembersihan agar kondisi hp seperti bawaan pabrik.